Silat Sabeni

Silat merupakan seni beladiri bangsa Melayu yang memiliki keanekaragaman gerak dan dari berbagai macam aliran. Jika di negeri Cina kita mengenal beladiri aliran Wing Chun yang tokohnya Ip Man berduel dengan penjajah Jepang, maka di negeri kita Indonesia tercinta ini juga ada tokoh silat yang memiliki kisah yang serupa, ia dikenal dengan nama Sabeni yang kemudian nama tersebut menjadi salah satu aliran silat asli Betawi khususnya tanah abang (tenabang).

Dikisahkan dahulu Sabeni berhasil mengalahkan dengan telak Jago Kuntau dari Cina di Princen Park (sekarang bernama Lokasari) yang sengaja didatangkan oleh penjajah Belanda bernama Tuan Danu yang tidak menyukai aktivitas Sabeni dalam melatih para pemuda Betawi bermain silat atau maen pukulan. Dalam usianya yang tergolong lanjut (83 tahun) Sabeni juga masih sanggup mengalahkan jago-jago beladiri Jepang yang sengaja didatangkan oleh penjajah Jepang untuk bertarung melawannya, sehingga membuat pihak Jepang menginginkan agar tentaranya diajarkan beladiri tersebut, dikarenakan faktor usia akhirnya murid Sabeni yang bernama Salim dikirim ke Jepang guna melatih tentara Jepang (sumber).

Yang menjadi keunikan dari silat ini adalah bentuk pukulannya (seperti ular menyontok), gerakannya yang berbeda dari silat-silat Betawi lainnya (tidak ada kembang/tarian), serangan yang serempak baik dari atas (pukulan) dan bawah (kaki).

Jika teman-teman ingin tahu lebih banyak tentang silat Sabeni, sebaiknya teman-teman silaturahmi langsung ke tempat latihan di Kecamatan Tanah Abang hari Senin & Jumat ba’da Isya dengan Bang Zul (08788-132-6533) atau di Jl. Kebon Jahe Rabu ba’da Isya dan Minggu 07.30 dengan Ncang Isal.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s